BELAJAR UNTUK MENDENGARKAN

" ... Barang siapa mendengarkan kamu, ia mendengarkan Aku; dan barang siapa menolak kamu, ia menolak Aku; dan barang siapa menolak Aku, ia akan menolak Dia yang mmengutus Aku. " ( Luk. 10 : 16 )


Mendengarkan merupakan pekerjaan atau keutamaan yang paling sulit. Karena itu, banyak orang tidak mampu menjadi 'pendengar' yang baik.
" Barang siapa mendengarkan kamu, ia mendengarkan Aku ", sabda Yesus. Jika kita tidak mampu mendengarkan sesama kita, kita akan mengalami kesulitan besar untuk mendengarkan suara dan bisikan Tuhan yang bergema di dalam hati kita. Karena itu, hendaklah kita senantiasa meningkatkan dan memperdalam keutamaan 'mendengarkan' dalam kehidupan kita sehari - hari.

Dalam rangka memperdalam dan meningkatkan keutamaan mendengarkan, pertama - tama kita harus dengan rendah hati 'mendengarkan' kata - kata atau tindakan orang lain. kedua, yang kita perdengarkan atau katakan itu hendknya sesuatu yang baik, sehingga bermanfaat bagi diri kita sendiri dan sesama. Mendengarkan atau menyampaikan sesuatu yang baik merupakan wahana untuk dapat mendengarkan 'suara atau bisikan Tuhan' dalam kehidupan kita sehari - hari. Pendengar yang baik dapat menjadi penyembuh bagi sesamanya. Sudahkah aku menjadi pendengar yang baik dalam kehidupanku sehari - hari?
( ry )

Tidak ada komentar: