Happy Birthday to our Lady

Bacaan
Roma 8:28-30
Matius 1:1-16,18-23

Renungan
oleh Pastor Tonny Blikon, SS.CC

Dalam bacaan pertama hari ini, apa yang dikatakan rasul Paulus kepada jemaat di Roma, juga dikatakan kepada kita semua: “orang-orang yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya”

Jika kita coba menempatkan kalimat ini dalam konteks bacaan Injil hari ini, kita melihat bahwa silsilah Yesus Kristus itu berawal dari Abraham, Ishak dan Yakub. Dari keturunan merekalah Mesias akan dilahirkan. Allah tahu dari suka manakah akan terlahir seorang yang akan melahirkan juruselamat.

Merayakan hari kelahiran bunda Maria, mengingatkan kita akan apa yang dikatakan oleh Paulus kepada jemaat di Galatia: ”setelah genap waktunya, maka Allah mengutus Anak-Nya, yang lahir dari seorang perempuan....” (Gal 4:4).

Kutipan dari ini saya kira penting untuk kita renungkan bahwa bahwa Allah sejak keabadian, telah menerencakan penciptaan kita masing-masing, menempatkan kita pada suatu tempat tertentu untuk maksud dan tujuan tertentu sesuai dengan kehendak Allah. Kehadiran kita di dunia ini bukanlah merupakan suatu kebetulan. Juga bukan atas kehendak orang tua kita masing-masing. Hari dan jam kelahiran kita telah diketahui oleh Allah. Demikian pun kelahiran bunda Maria. Sekali lagi saya membaca kutipan dari surat rasul Paulus di atas: “setelah genap waktunya maka Allah mengutus Anak-Nya yang lahir dari seorang wanita….” Kebenaran yang berlaku bagi Yesus dan Maria, juga berlaku bagi kita semua.

Karena itu, merayakan ulang tahun Bunda Maria adalah satu kegembiraan karena hanya dialah satu-satunya manusia yang hidup sesuai dengan maksud dan rencana Allah. Kita bergembira karena dengan kelahiran Bunda Maria maka telah dekatlah keselamatan yang datang dari Allah itu.

Saya membayangkan begini. Ketika bunda Maria dilahirkan, semua malaikat bersukacita karena dekatnya keselamatan bagi umat manusia.

Hadiah apakah yang pantas kita berikan kepada Maria pada perayaan ulang tahunnya ini? Kita bisa membayangkan begini: jika seorang anak bertanya kepada ibunya yang merayakan ulang tahun: ‘mama…mau hadiah apa? Mama itu menjawab: “Yang penting adalah kamu jadi anak yang baik.”

Hari ini ketika kita merayakan ulang tahun bunda Maria, kita boleh bertanya: “bunda mau hadiah apa? Maka Maria pasti akan menjawab: yang terpenting adalah kamu menjadi anakku yang baik. Karena itu, marilah kita berusaha untuk hidup sebagai anak Maria yang baik, meneladani bunda Maria yang dikandung tanpa noda dosa dengan menjauhkan segala perbuatan dosa.

Saya ingin menyanyikan lagu ini untuk bunda Maria

On this day o beautiful Mother
On this day we give thee our love
Near the madona fondly we hover
Trusting thy gentle care to prove.

On this day we ask to share
Dearest mother thy sweet care
Aid us ere our feet astray
Wander from thy guiding way

Queen of angels, deign to hear
Lisping children’s humble prayer
Youg heart gain, o virgin pure
Sweetly to thyself allure.

Tidak ada komentar: